Tari papua

Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea.

Provinsi Papua merupakan Provinsi yang paling luas wilayahnya dari seluruh Provinsi di Indonesia. Luas Provinsi Papua ± 410.660 Km2 atau merupakan ± 21% dari luas wilayah Indonesia. Lebih dari 75% masih tertutup oleh hutan-hutan tropis yang lebat, dengan ± 80% penduduknya masih dalam keadaan semi terisolir di daerah pedalaman (bagian tengah Papua). Jumlah penduduk 2,3 Juta Jiwa dengan kepadatan penduduk 5,13 orang per Km2 .Secara geografis berada diantara garis meridian 0’19’ – 10045 LS dan antara garis bujur 1300 45 – 141048 BT yang membentang dari Barat ke Timur dengan silang 110 atau 1.200 Km.

Kesenia papua cukup terkenal diIndonesia,terutama pada kesenian tari ddan musiknya.

Tari di papua beragam gerak,tetapi gerakan akrobatik yang dibubuhi loncatan dan melompat mendominasi gerakan tari papua.Tarian papua biasanya terdapat gerakan dasar contohnya gerakan pancar,pale-pale,dll.Gerakan ini merupakan gerakan yang energik di tambah dengan lengkingan suara kegembiraan,biasanya tarian papua di tarikan untuk menghibur masyarakat yang ada.Bahkan banyak tarian papua yang dihadirkan di event internasional,seperti tari poco-poco.

Warna dan jenis pakaian yang digunakan masing-masing Grup Seni tari/sanggar seni Yospan berbeda-beda, namun ciri khas Papua untuk aksesoris hampir sama..

Menggunakan pakaian khas papua,dengan adat papua yang kental nuansa rumbai, bulu, dan kayu, Pakaian adat pria dan wanita di Papua secara fisik akan hampir sama bentuknya. Mereka memakai baju dan penutup badan bagian bawah dengan model yang sama. Mereka juga sama-sama memakai hiasan-hiasan yang sama, seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Bentuk pakaian yang terlukis di sini merupakan ciptaan baru. Biasannya tak lupa dengan tombak/panah dan perisai yang dipegang mempelai laki-laki menambah kesan adat Papua

.

Suku asmat memiliki cara yang sangat sederhana untuk merias diri mereka. mereka hanya membutuhkan tanah merah untuk menghasilkan warna merah. untuk menghasilkan warna putih mereka membuatnya dari kulit kerang yang sudah dihaluskan. sedangkan warnah hitam mereka hasilkan dari arang kayu yang dihaluskan. cara menggunakan pun cukup simpel, hanya dengan mencampur bahan tersebut dengan sedikit air, pewarna itu sudah bisa digunkan untuk mewarnai tubuh.
selain budaya, penduduk kampung syuru juga amat piawai membuat ukiran seperti suku asmat,umumnya.(ukiran tubuh)
ukiran bagi suku asmat bisa menjadi penghubung antara kehidupan masa kini dengan kehidupan leluhur. di setiap ukiran bersemayam citra dan penghargaan atas nenek moyang mereka yang sarat dengan kebesaran suku asmat.

Di daerah Sarmi dan sekitarnya hingga ke Jayapura, misalnya, ada tarian pergaulan yang disebut Lemon Nipis. Di kawasan pegunungan tengah Papua, seperti di daerah Wamena dan sekitarnya, ada pula yang disebut Sekise. Namun, tarian yang tampil hingga ke tingkat nasional hanya yospan. Bahkan dari yospan pulalah aparat TNI terinspirasi membuat tari poco-poco yang lebih dikenal dengan sebutan tarian komando yang kini digemari banyak orang di Nusantara.

ABOUT VIDEO :

Video tarian papua yang diambil dari tari Kemilau Nusantara garapan Sanggar Tari KertiBuana dan FKIP Seni Tari Unila,terdiri dari tarian medley (ditandai dengan penari yang menggunakan kostum dari provinsi yang ada diindonesia contohnya padang,aceh,lampung,Jakarta dll).Pada tarian akhir terdapat tarian khas papua yang meenggambarkan kegembiraan dengan gerakan meloncat,memainkan geraakan kaki yang lincah,ditambah dengan iringan lagu Yamko rambe yamko yang diiringi oleh pemusik kerti buana,sebagai ungkapan rasa kesatuan antar budaya(pada video dicontohkan dengan baju yang beraganm)bahwa walaupun berbeda daerah tetapi masih memiliki rasa menghargai dan mengetahui serta mencintai kebudayaan dari daerah seperti halnya daerah papua terutama kebudayaan tari dan musiknya.