Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnisyang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisadilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll)yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhankonsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhikebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:
Market standing
, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.
Innovation
yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnisyang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk,misalnya shampoo 2 in 1.
Physical and financial resources
, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber dayafisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dansemakin menguntungkan.
Manager performance and development
, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlianyang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangankemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program
training and development
yang berkelanjutan.
Worker Performance and Attitude
, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawanterhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.
Public Responsibility
, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukankesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja

Iklan