unisfat demak bem

Masih belum banyak yang akrab sepertinya dengan gunung yang berada di Povinsi Jawa Tengah yang satu ini. Mungkin lebih akrabnya dengan Ungaran-nya saja.
Yap, Ungaran merupakan sebuah daerah yang masuk dalam wilayah administrasi Kab. Semarang sekaligus menjadi ibukota kabupaten tersebut. Tapi siapa sangka, nama daerah tersebut juga disandangkan pada sebuah gunung berketinggian 2.050 mdpl yang juga berada tak jauh dari pusat kota. Memang sih tidak termasuk gunung yang memiliki ketinggian yang mumpuni, tapi jangan salah sangka dulu. Faktanya gunung ini termasuk gunung yang berada lumayan dekat dengan Kota Semarang yang notabene adalah kota di pesisir sehingga menandakan bahwa start pendakian juga terhitung masih di ketinggian yang rendah.
Bicara masalah start pendakian, pernah dengar nggak mengenai Objek Wisata Umbul Sidomukti???

unisfat bem
Objek wisata tersebut terkenal dengan wisata out bound-nya yang menantang dan memacu adrenalin, salah satunya yaitu flying fox dan susur jaring-jaring yang terhitung sangat ekstrim karena berada di atas jurang yang amat dalam.
Objek wisata ini dibuat sedemikian rupa dengan segala pertimbangan termasuk penentuan lokasi yang tepat untuk menciptakan satu kawasan wisata yang lain dari yang lain, selain itu juga dilengkapi dengan wisata kuliner dan akomodasi yang juga asik tentunya karena udaranya yang sangat sejuk dengan pemandangan yang lumayan ajib.

unisfat bem

Di sekitaran objek wisata tersebut juga sekarang mulai ramai dengan adanya camping ground yang disediakan pengelola untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama alam yang menghadap terbitnya matahari dan juga Kota Semarang yang jika dinikmati saat malam hari akan terasa apik dengan gemerlap lampu-lampu riuh kotanya.

Paket lengkap objek wisata tersebut lokasinya tak lain berada di lereng gunung yang sedang diulas di postingan kali ini. Saya kira kebanyakan pengunjung lebih familiar dengan objek-objek wisata tersebut ketimbang gunung yang menaunginya, bahkan mungkin tidak tahu malah kalau lokasi rangkaian objek wisata tersebut berada di lereng Gunung Ungaran.

unisfat bem

Sepertinya perlu dipromosikan lagi nih mengenai keberadaan gunung tersebut di kalangan pendaki-pendaki, karena dibalik ketinggiannya yang tak sebanding dengan gunung-gunung tetangganya yang hampir semuanya berada di atas 3.000an mdpl seperti Merbabu, Sindoro, Sumbing, dkk; Gunung Ungaran ternyata memiliki trek yang lumayan menguras tenaga dan kewaspadaan karena keterjalan dan licinnya medan. Hal itu didukung dengan cerita pendaki-pendaki yang menceritakan pengalamannya mendaki gunung tersebut di blognya.

Tak hanya itu saja yang menjadi daya tarik di gunung unik tersebut, masih ada Desa Promasan yang merupakan desa kecil yang mulai menjadi desa wisata yang lokasinya berada di bawah puncak Gunung Ungaran. Desa itu dihuni beberapa kepala keluarga yang sebagian besar sehari-harinya bekerja sebagai pemetik teh, dan memang keberadaan desa kecil itu di tengah-tengah hamparan perkebunan teh yang luas. Tak jauh dari desa juga terdapat satu lagi spot menarik yang harus didatangi karena nilai sejarahnya yaitu Goa Jepang.

Karena itu pula saya tertarik untuk menjajal menapakkan kaki di terjalnya gunung tersebut