Siapakah calon presiden terbaik saat ini untuk menuju RI 1 pada tahun 2014 nanti? Yang muncul kepermukaan spontan sepertinya nama Joko Widodo yang menjabat Gubernur Jakarta saat ini. Tapi ingat, Joko Widodo atau Jokowi belum memberikan sinyal untuk menyalonkan diri atau dicalonkan partainya, PDIP.

Untuk itulah dalam diskusi bertema “Capres Alternatif, Siapa dan Apa Kriterianya?” di Taman Ismail Marzuki, Jumat, 26 Juli 2013, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi. dengan percaya diri menyatakan bahwa dirinya adalah calon presiden terbaik saat ini.

Ini kutipannya dari Tempo.co: “Kualitas saya sama seperti Jokowi,” kata Mahfud percaya diri. Namun, sayangnya, kata dia, Jokowi belum ada rencana mencalonkan diri sebagai presiden. Jadi, Mahfud masih merasa dirinya sebagai calon terbaik.

Sah-sah saja Mahfud menyatakan hal demikian. Karena ia memang mempunyai kualitas seorang pemimpin. Punya wawasan kenegaraan yang luas, ketegasan dan yang paling penting adalah mempunyai integritas.

Mahfud Md atau lengkapnya Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U. kelahiran Sampang , Madura, Jawa Timur,13 Mei 1957; adalah menteri Hukum dan HAM pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Menteri Pertahanan pada masa Abdurrahman Wahid menjadi presiden.

Soal kualitas Mahfud boleh mengklaim tak kalah dari Jokowi. Tetapi dalam hal kepopuleran Mahfud memang harus sportif mengakui bahwa Jokowi lebih populer. Dalam berbagai survey pun elektabilitas Jokowi selalu mengungguli Mahfud.

Mahfud selama ini menyatakan bila calon presiden yang maju masih muka lama dan kurang berkualitas, maka ia akan maju untuk menyalonkan diri. Seperti diketahui, Mahfud sudah menyatakan ada keinginan ikut konvensi untuk menyaring calon presiden yang akan digelar Partai Demokrat.

Jadi alasan Mahfud terpanggil untuk menyalonkan diri karena masih meragukan kualitas calon yang ada. Bangsa ini butuh pemimpin yang tegas dan berwibawa untuk mengatasi permasalahan. Tidak hanya cukup dengan visi dan misi yang indah.

Untuk itulah Mahfud menegaskan, bila ada calon presiden yang lebih baik dari dirinya, maka ia akan mundur dari penyalonan presiden.

Memang siapa yang lebih baik dari Mahfud? Jokowi? Kan Jokowi kualitasnya masih seperti Mahfud Md seperti yang dikatakan Mahfud sendiri. Jadi siapa yang terbaik untuk memimpin bangsa ini?