Sebanyak 50 orang calon anggota legislatif (caleg) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jember menjalani ritual sumpah pocong, Senin, 22 april 2013. Pantauan Tempo, ritual itu dilakukan di alun-alun kota Jember, sebelum mendaftarkan daftar caleg ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun yang menjadi ‘pocong’ dalam acara itu hanya satu orang caleg, yakni David HS. Dia dibungkus kain kafan. Sebanyak 49 caleg lainnya duduk bersimpuh mengelilingi. Acara sumpah pocong itu dipimpin Ustadz Abdul Haqi.

Setelah membacakan doa-doa dalam Bahasa Arab, Ustadz Abdul Haqi memimpin sumpah. Sumpah itu berbunyi “Bila saya menjadi anggota DPRD Jember, saya bersumpah akan amanah, jujur, anti korupsi dan memprerjuangkan kepentingan rakyat. Dan bila menghianati sumpah ini, saya siap menerima sanksi apapun dari Allah SWT.”

Ketua DPC Partai Nasdem Jember, Mohammad Eksan mengatakan, ritual itu dilakukan agar caleg-caleg Nasdem menjadi anggota legislatif yang bersih. “Dengan ritual ini, kami bersumpah di hadapan manusia dan Allah,” kata dia.

Eksan menambahkan, hari ini Nasdem Jember mendaftarkan 50 orang calon legislatif. Sebanyak 16 orang di antaranya adalah caleg perempuan. Setelah melakukan ritual sekitar 30 menit itu, rombongan Nasdem beramai-ramai menuju kantor KPU.
http://forum.kompas.com/nasional/257884-caleg-nasdem-disumpah-pocong.html

Iklan