Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) kabupaten Demak mendirikan koperasi “Sahabat Sejahtera”. Pengukuhan koperasi tersebut akan dilaksanakan pada 17 Desember 2013 mendatang bersamaan dengan acara rutin Ngaji Patangwulanan di desa Klitih Karangtengah.

Sekretaris umum IKA PMII Demak Ahmad Kholidul Adib mengatakan pendirian koperasi ini sebagai upaya untuk memulai membuka basis produksi ekonomi di kalangan aktivis Nahdlatul Ulama terutama alumn PMII.

“Selama ini, para aktivis hanya fokus kepada gerakan politik tetapi tidak membangun gerakan ekonomi di tengah era pasar bebas.” ujarnya kepada NU Online, Sabtu (20/10).

Menurut Ahmad Kholidul, menghadapi pasar bebas para aktivis harus berdaya secara ekonomi, sehingga mampu memainkan perannya.”Penguatan ekonomi akan selalu digerakkan melalui kegiatan produktif. Insya Allah. ke depan akan mengadakan ekspo pameran produk usaha yang dikelola alumni PMII,” jelasnya.

Untuk memperkuat usahanya, terang dia, pihaknya telah membentuk pengurus koperasi dengan susunan badan pengawas Ketua: Nur Rondi, M. Pd.I (ketua), anggota M Kholidul Adib, MSI dan Drs. Khumaidi. Adapun Badan Pengurus: Ketua : Bambang Setyabudi, S.Pdi, Sekretaris: Agus Taufiqurrohman, S.Hum, dan Bendahara : Ihyaudin, S.Pd.I.

“Untuk simpanan pokok sebanyak Rp. 50.000 dan simpanan wajib (tiap bulan) Rp. 10.000,-. Ini sesuai keputusan rapat pengurus IKA PMII pada Jum’at (19/10) di rumah ketuanya H Afhan Noor,” imbuh Kholid.

Disamping program ekonomi, IKA PMII akan melakukan penguatan konsolidasi anggota, penguatan jaringan dan pengelolaan sumber daya untuk memperkokoh ketahanan anggota. Diantaranya, mendata seluruh Alumni PMII yang tersebar di Demak yang diperkirakan mencapai ribuan anggota.

“Untuk sementara data yang masuk baru 130 orang dan semuanya ditindaklanjuti dalam pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA),