DEMAK, suaramerdeka.com – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, Prof Dr Muhibbin MAg bersama Moch Dachirin Said, Bupati Kabupaten Demak, menandatangani MoU kerjasama tridharma perguruan tinggi, Jum’at (22/3) di Pendopo Kabupaten Demak.
Kedua lembaga menyatakan sepaham dan sepakat untuk mengadakan kerjasama dengan prinsip kemitraan dan saling menguntungkan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing.
Moch Dachirin menyampaikan dalam sambutannya, masyarakat Demak sekarang membutuhkan dua hal penting, yaitu kesejahteraan jasmani berupa kesehatan atau kemakmuran dan kesejahteraan rohani. Kesejahteraan jasmani telah dilakukan kerjasama dengan IAIN berupa pendidikan perguruan tinggi, desa binaan dengan kegiatan KKN Posdaya.
“Yang rohani ini yang sangat dibutuhkan, hal ini bertujuan untuk membentuk karakter dan mental yang baik. Kegiatan spiritual dari IAIN Walisongo sangat kami butuhkan agar masyarakat Demak bisa berimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani,” paparnya disela-sela penandatangan MoU.
Dalam lagu ciptaan WR.Supratman yang berjudul Indonesia Raya disebutkan “Bangunlah jiwanya bangunlah badannya” ini berarti yang lebih dahulu dibangun adalah jiwanya dulu, maksudnya moral dan spiritualnya harus bagus terlebih dahulu disamping badannya.
Prof Muhibbin menanggapi sambutan Bupati, bahwa di zaman sekarang ini, yang perlu dibenahi memang membangun mental masyarakat agar memiliki moral yang baik. Hal ini menjadi persoalan bersama bangsa yang harus kita benahi bersama,” tandasnya.
Dia menambahkan, sebenarnya selama ini kedua lembaga sudah lama bekerjasama, misalnya banyak mahasiswa dari Kabupaten Demak yang kuliah di IAIN Walisongo. disamping itu program kuliah kerja nyata (KKN) Posdaya juga sering dilakukan di Demak dengan desa binaannya.
“Target kami melakukan kerjasama dengan Kabupaten Demak supaya kedua lembaga memiliki payung hukum. Hal itu juga kami lakukan dengan kabupaten lain di sekitar kampus IAIN,” paparnya.

Iklan