Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair memuji kemajuan ekonomi Indonesia. Saat berjumpa dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Tony menyampaikan ucapan selamat atas capaian tersebut.

“Saya mengucapkan selamat dan ikut senang atas kemajuan yang telah Anda capai selama ini sebagai Presiden,” kata Tony kepada SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (20/3).

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menuturkan, dalam pertemuan yang berlangsung selama satu setengah jam, Tony menyampaikan sejumlah pandangannya mengenai Indonesia. Kondisi saat ini, diakuinya, jauh berbeda ketika dirinya melakukan kunjungan kenegaraan 15 tahun lalu, saat masih menjabat sebagai PM Inggris.

“Tony menyampaikan apresiasi mendalam dan selamat atas raihan kemajuan yang dicapai Indonesia selama ini. Tony Blair menyampaikan apresiasi atas raihan yang dicapai,” kata Marty.

Terkait perkembangan situasi Eropa, Tony mengaku masih banyak masalah yang dihadapi negara-negara di kawasan benua biru. Terutama perihal krisis ekonomi. Namun, dia meyakini masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

“Tentang Co-Chair High Level Panel, Tony menyampaikan harapan dan pandangan tentang framework yang dihasilkan pasca MDG’s, apa yang diraih selama ini dan pertemuan HLP minggu depan,” ucapnya.

Selain bicara mengenai kondisi ekonomi, SBY dan Tony juga membahas mengenai perkembangan yang tengah terjadi di Timur Tengah. Di antaranya upaya pelaksanaan perjanjian damai di tanah Palestina, proses perubahan demokratisasi di Mesir serta situasi di kawasan Asia Pasifik.

“Keduanya berbagi informasi tentang perkembangan di Asia Pasifik, termasuk Laut China Selatan, Semenanjung Korea, dan ASEAN. Dalam kaitan ini, Tony Blair menyampaikan apresiasi sangat mendalam atas sumbangsih yang diberikan Indonesia dalam menciptakan perdamaian dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik,” papar Marty.

Iklan