dahlan5

 

Pembuat mobil listrik super Tucuxi, ElektrikCar menyatakan keprihatinan atas musibah rem blong yang dialami Menteri BUMN Dahlan Iskan saat menguji coba Tucuxi di Plaosan, Magetan.

dahlan2

 

 

 

“Kami dari Tim ElektrikCar turut prihatin atas terjadinya kecelakaan Tucuxi yang dialami oleh Pak Dahlan Iskan dan Ricki Elson. Pada saat yang sama, kami juga menyampaikan rasa bersyukur terhadap Allah SWT atas keselamatan dari luka parah akibat dari kecelakaan ini,” ujar tim ElektrikCar, Danet Suryatama dan istrinya Ninien Wahyu Lestari dalam surat elektronik yang diterima detikOto, Minggu (6/1/2012).

dahlan3

 

Danet menuturkan dirinya sudah tidak memiliki akses untuk mengecek mobil tersebut sejak Jumat malam tanggal 21 Desember 2012. ElektrikCar menyerahkan mobil tersebut pada Dahlan Iskan pada tanggal 20 Desember 2012.

“Sejak itu, akses kami untuk melakukan pemeliharaan kendaraan dan servis dilarang dan sudah ditiadakan oleh pihak Pak Dahlan (c.q. Pak Amik). Padahal, kami selalu siap untuk melakukan servis dan pemeliharaan kendaraan tersebut sesuai dengan perjanjian yang kami tanda tangani untuk Pak Dahlan dan atas permintaan dari pihak Pak Dahlan,” ujarnya.

Rem mobil Dahlan diyakini blong saat turunan. Untuk menghindari korban lain, Dahlan sengaja menabrakkan mobilnya ke tebing di Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Dahlan Ricki tidak mengalami luka serius.
Meski selamat dari kecelakaan mobil di Magetan, Jawa Timur, Menteri BUMN Dahlan Iskan mendapat kritikan. Karena, Menteri Dahlan sebelumnya melakukan ritual tolak bala berupa ruwatan mobil. Dalam Islam, langkah ini identik dengan mempersekutukan Allah alias syirik.

Menurut Presiden Ikhwanul Muslimin Indonesia (IMI) atau Persaudaraan Muslim Indonesia, Habib Husein Al Habsy mempertanyakan maksud dan tujuan ruwatan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Al Habsy mengkritik ritual yang dijalani Dahlan untuk menolak bala itu.

 

‘’Kalau tujuannya (ruwatan) untuk cari selamat atau diistilahkan tolak bala, tentu sangat salah. Perbuatannya itu syirik pelakunya itu musyrik. Dan, Islam tidak memberikan toleransi soal itu,’’ tegasnya, dilansir Inilahcom Sabtu (05/01/2013).

dahlan1

 

Selanjutnya, ulama itu mengingatkan bahwa segala bentuk syirik yang terjadi justru akan menimbulkan banyak bencana.

Bahwa pemilik kekuasaan yang mutlak hanyalah Sang Khalik, sudah final.

“Jabatan itu kenikmatan yang sebentar. Demikian pula kehidupan di dunia. Penghamba syirik itu, tidak akan memperoleh ketenangan dalam hidupnya. Jadi saya ingatkan, janganlah menggantungkan diri kepada sesuatu selain Allah. Kalau memang mau selamat di dunia dan akherat,’’ papar Al Habsy.

Sebagaimana diberitakan, Menteri BUMN Dahlan Iskan meruwat mobil listrik Tucuxi, sebelum melaksanakan touring Solo-Surabaya. Ritual itu dilakukan oleh Ki Manteb Sudharsono yang dikenal sebagai dalang ruwat. Prosesinya, Ki Manteb membacakan mantra yang dipercaya untuk menolak bala’ Kemudian, mobil berwarna merah itu disiram air yang berasal dari empat penjuru Kota Solo.

Dalam perjalanan terjadilah musibah. Ketika sampai di Magetan tepatnya di Plaosan, mobil tersebut kehilangan kendali akibat rem blong. Menteri BUMN Dahlan Iskan yang menyetir mobil itu, menabrak tebing dan berakhir di tiang listrik. Untung saja, nyawa pendiri Jawa pos Grup itu selamat, sedangkan mobilnya ringsek.

Iklan