ultras malaya

Belum lama ini di Youtube berisi video penghinaan supporter Malaysia yang menyanyikan dan meneriakan “Indonesia Anjing dan Garuda Penipu”. Dimana video itu berdurasi 1 jam 48 menit. Selain itu juga usai laga Singapura dan Indonesia terjadi juga aksi pemukulan oknum suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia.

Menanggapi kejadian ini, Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengecam keras aksi yang dilakukan pendukung Malaysia dan menurutnya mereka (suporter Malaysia) sudah mencederai sikap fair play dan sportivitas dalam persepakbolaan.

“Nah kalau kemudian kemarin saya juga melihat ada spanduk dan nyanyian yang berbunyi “Anjing Indonesia”, itu kan juga menodai sportifitas tentang fair play di dunia sepak bola. Apalagi ulah suporter Malaysia yang melakukan pemukulan terhadap suporter Indonesia, usai menyaksikan pertandingan melawan Singapura kemarin, seharusnya Polisi Diraja Malaysia harus melakukan penyidikan kasus tersebut,”

Pram sapaan akrab Pramono pun berpendapat dari kejadian seperti ini harusnya badan otoritas tinggi AFC melihat dan menilai bahwa apa yang dilakukan Malaysia sangat tidak sportif sekali.

“AFC harusnya bisa perhatikan sikap dan ulah suporter Malaysia dan sudah sepantasnya diberikan sanksi dan juga pemerintah Malaysia saya lihat hanya diam saja tanpa memberikan teguran,” tegasnya.
http://www.youtube.com/results?search_query=aff+2012+suporter+malaysia&oq=aff+2012+suporter+malaysia&gs_l=youtube-reduced.3…223227.240141.0.240463.36.31.4.1.1.0.188.2976.23j7.30.0…0.0…1ac.1.-ShB1fnL6qQ

Karena itu, Pram menghimbau agar jelang laga Malaysia kontra Indonesia besok pendukung Indonesia jangan sampai terpancing apalagi terprovokasi dengan ulah suporter Malaysia.

“Kita harus tahan diri agar tidak timbulkan masalah,
malaysia lagi-lagi membuat ulah. kali ini para suporter sepakbola malaysia menghina indonesia dengan yel-yelnya yang menyatakan indonesia itu disejajarkan dengan binata**.

apakah layak sebuah negara agama yang menyatakan kata-kata seperti itu? banyak pula kejadian sebelum ini ulah yang dilakukan suporter mmalaysia, contohnya sewaktu musim pertandingan AFF yang lalu, suporter gila itu menembakan laser mainan ke pemain sepak bola indonesia dengan harapan mereka bisa menang, bahkan sampai sekarang pun mereka masih gila bahkan mungkin akan terus menggila.

itukah yang diinginkan suporter malaysia? amat tidak fair play. apalagi pertandingan yang dilaksanakan waktu itu bukan dengan indonesia tapi dengan singapura. aneh apabila indonesia diteriaki kata-kata kotor padahal indonesia tidak sedang hadir atau tidak ada sangkut pautnya dengan mereka, malahan tidak hanya indonesia negara singapura juga di olok-olok dengan kata-kata kotor suporter edan dari malaysia itu


memang mereka adalah suporter edan. malah saya agak curiga atau jangan-jangan suporter itu dibayar dan sudah saatnya PSSI, KPSI, bahkan pemerintah melayangkan surat protes kepada pemerintah malaysia supaya suporter mereka diembargo karena sangat meresahkan.

sangat disayangkan tidak ada tindakan dari aparat pemerintah malaysia, bahkan sepertinya kejadian ini bahkan kejadian sebelumnya pun aparat malaysia tidak menindak ulah suporter gendeng itu sehingga kejadian seperti ini bisa terulang.

Iklan