Jakarta – Sepak bola Indonesia akan kembali semarak dengan kedatangan tim-tim elit dunia. Dua klub sepak bola terkenal dari Eropa, Everton FC dari Liga Inggris dan Galatasaray dari Turki bakal bertarung di turnamen bertajuk Java Cup 2012.

Dua tim tersebut akan berhadapan dengan Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia, dalam pertandingan yang digelar mulai tanggal 26 sampai 29 Juli mendatang di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Menurut CEO PT.Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto format turnamen tersebut akan mempertemukan Indonesia dengan Everton, dan Galatasaray melawan Malaysia.

“Setelah itu, yang menang lawan yang menang. Dan yang kalah akan lawan yang kalah,” ujar Widja dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Intercontinental, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Menurut Widja, turnamen Java Cup ini sebetulnya pernah digelar sebelumnya di Indonesia. Namun selama bertahun-tahun tak pernah digelar lagi, dan kali ini kembali dihidupkan dengan mendatangkan tim-tim elit dunia.

Widja berharap, setelah penyelenggaraan tahun ini Java Cup bisa jadi program tanding yang rutin untuk Timnas Indonesia.

“Dan mudah-mudahan Java Cup juga bisa menjadi program pengumpulan dana untuk sepabola Indonesia agar berinvestasi di Infrastruktur ,sumber daya manusia dan pertandingan yang berkualitas untuk timnas,” tutur Widja.

Saat ditanya mengenai Everton dan Galatasaray sebagai dipilih sebagai undangan, Widja menjelaskan, “Alasannya sesuai keinginan investor dan sesuai jadwal pra musim klub tersebut yang berkunjung ke Asia,” tandasnya.

Everton, dibesut oleh David Moyes, musim lalu berhasil menduduki peringkat ketujuh di klasemen Liga Inggris. Everton akan membawa empat pemain intinya saat berkunjung ke Indonesia. Mereka adalah, Tim Cahill, Tim Howard, Phil Nevile dan Maroune Felanini.

Sementara itu Galatasaray juga dikabarkan akan membawa juga pemain andalan mereka seperti Felipe Melo, Emmanuel Eboue, Fernando Muslera dan Milan Baros.