Calhaj Demak Terbanyak Kedua SeJateng
– Unsur PNS Dan Pedagang Bertambah

Demak-Rencana pemberangkatan calon jamah haji (Calhaj) beberapa bulan mendatang, ada peningkatan dari jumlah Calhaj dari unsur PNS.

Bertambahnya Calhaj dari unsur PNS hingga 100 persen ini didampingi secara ketat oleh meningkatnya juga Calhaj dari unsur pedagang.

Dua profesi tersebut telah mendominasi rencana pemberangkatan Calhaj dari Demak. “Rencananya Demak akan memberangkatkan Calhaj mencapai 1.382 jamaah,” jelas Kasi Haji Kantor Kemenag Demak, M Anas, kemarin.

Seperti tahun sebelumnya Calhaj Demak akan diberangkatkan
dalam empat kolter. Dan diberangkatkan secara estafet setiap dua kloter.

Adanya gejala kenaikan jumlah Calhaj dari unsur PNS dan Pedagang
tampak sejak tahun 2010, namun jumlah tersebut masih kalah banyak dengan Calhaj dari unsur Petani yang didominasi dari warga Kecamatan Bonang dan Wedung.

M Anas mempradiksi kenaikan Calhaj dari unsur PNS akibat bertambahnya jumlah guru yang naik haji, hal ini muncul karena ada program sertifikasi bagi guru, sehingga mereka yang memiliki kelebihan harta menyisihkan untuk naik haji.

Kenaikan untuk pedagang karena faktor dari warga Demak yag berhasil berdagang di daerah lain atau berhasil dan maju karena berjualan di luar Jawa. Dari keberhasilannya itu mereka bisa menyisihkan uangnya untuk pergi berhaji.

Dari jumlah masyarakat yang sudah mendaftarkan yang berencana naik haji, Kementerian Agama Demak berani mengeklaim kota Demak merupakan daerah pengirim haji terbanyak kedua setelah Kodya Semarang hingga tahun 2020.

Iklan