Satu warga negara Indonesia diindikasikan menjadi korban kecelakaan pesawat Dana Air di Nigeria yang jatuh pada Minggu (3/6/2012), kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Tatang Razak di Jakarta, Senin (4/6/2012).

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Kedutaan Besar Indonesia di Abuja, diindikasikan ada satu warga negara Indonesia bernama Widya Utomo yang menjadi korban kecelakaan pesawat tersebut. Beliau berprofesi sebagai teknisi di maskapai tersebut,” katanya.

Pesawat Dana Air jatuh di daerah perumahan di kota metropolitan Lagos, menewaskan semua orang di dalam pesawat (153) dan 40 lainnya yang tinggal di dalam bangunan dua lantai yang hancur ditimpa pesawat.

Di bandara, ratusan kerabat penumpang meratapi korban yang tewas akibat jatuhnya pesawat penumpang itu dan mengepung sayap lokal dari Bandara Internasional Murtala Muhammad (MMIA) di Ikeja untuk mencari perkembangan informasi penerbangan.

Tony Usidamen, juru bicara perusahaan penerbangan, yang menjelaskan kepada para kerabat penumpang di luar terminal keberangkatan, membacakan nama-nama penumpang yang berada dalam penerbangan naas itu.

Usidamen mengatakan kepada keluarga para penumpang bahwa ia tidak memiliki rincian lebih lanjut untuk diberikan kepada mereka, dan mengatakan bahwa operasi penyelamatan masih berlangsung di lokasi kecelakaan di IJU, Agege, dekat Lagos.

Juru bicara maskapai penerbangan kemudian menegaskan kepada wartawan bahwa tidak ada yang selamat dalam kecelakaan itu.

Pesawat dengan nomor registrasi 5N-RAM dikatakan telah jatuh sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Upaya untuk menyelamatkan korban kecelakaan itu terhambat oleh adanya kerumunan besar penonton, penjahat, dan simpatisan.

Tidak dapat diaksesnya daerah kecelakaan juga menyulitkan tim penyelamat, yang meliputi polisi, Palang Merah, Angkatan Darat, Komisi Keselamatan Jalan Raya Federal, Angkatan Udara, dan Dinas Pemadam Kebakaran Nigeria untuk sampai ke tempat pesawat.

Femi Osanyintolu, Manajer Umum Badan Manajemen Darurat Negara Lagos, mengatakan kepada wartawan bahwa bangunan yang tertimpa pesawat ambruk saat setiap operasi penyelamatan berlangsung.

Dia juga mengatakan, mereka harus berhati-hati dalam memasuki bangunan-bangunan yang runtuh itu karena terletak di daerah perumahan.- Tidak ada korban selamat diantara 147 orang yang berada di dalam sebuah pesawat penumpang domestik yang jatuh di kota Lagos, Nigeria, Minggu, kata seorang pejabat Badan Penanganan Darurat Nasional (NEMA) kepada Reuters.

Pesawat itu, yang dioperasikan oleh perusahaan penerbangan swasta Dana Air, sedang dalam penerbangan dari Abuja, ibu kota Nigeria, ketika jatuh menghantam sebuah bangunan dua lantai di kawasan penduduk miskin di Lagos, kata sejumlah pejabat dan saksi.

Ribuan orang memadati lokasi sekitar puing-puing pesawat yang mengepulkan asap hitam di daerah pinggiran Agege, Lagos.

Sejumlah saksi mengatakan, mereka melihat pesawat itu menghantam sebuah bangunan dan meledak dalam kobaran api.

Beberapa orang tertegun, sementara yang lain mengambil gambar dengan ponsel berkamera mereka di lokasi kecelakaan, di sebuah kawasan dimana rumah-rumah beratap seng terlihat berderet di jalan berlumpur.

Para pejabat Dana Air dan pihak berwenang penerbangan sipil belum memberikan pernyataan mengenai kecelakaan itu atau korban.

Kecelakaan udara biasa terjadi di Nigeria, negara dengan ekonomi terbesar kedua di Afrika yang memiliki catatan buruk mengenai keamanan penerbangan.

Masa Berkabung

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan masa berkabung nasional tiga hari setelah kecelakaan pesawat pada Minggu itu, lapor AFP.

Jonathan “mengumumkan masa berkabung nasional tiga hari bagi mereka semua yang meninggal dalam kecelakaan pesawat Dana Air di Lagos hari ini,” kata kantornya dalam sebuah pernyataan.

“Presiden Jonathan, yang telah membatalkan seluruh acara pemerintah yang dijadwalkan berlangsung besok, juga memerintahkan pengibaran bendera Nigeria setengah tiang selama masa berkabung tiga hari,” kata pernyataan itu.

“Presiden juga telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh atas kecelakaan tersebut

Iklan