DAFTAR ISI HALAMAN

DAFTAR ISI………………………………………………………………………………..i
BAB 1 PERKENALAN KOMPUTER
1. Perkembangan Teknologi Komputer……………………………………..1
2. Unsur Penting Dalam Menjalankan Komputer…………………………..1

BAB 2 PERKENALAN DENGAN WORD
1. Menggunakan Keyboard…………………………………………………..4
2. Menggunakan Mouse………………………………………………………4
3. Memulai Word………………………………………………………………5
4. Layar Word………………………………………………………………….6
5. Mengakhiri Word…………………………………………………………..10

BAB 3 PENGORGANISASIAN FILE
1. Nama File…………………………………………………………………..11
2. Membuat Document Baru…………………………………………………11
3. Menyimpan Document…………………………………………………….11
4. Menyimpan Kembali Suatu Document…………………………………..12
5. Menutup Document………………………………………………………..12
6. Membuka Kembali Suatu Document…………………………………….12

BAB 4 PENYUTINGAN DOCUMENT
1. Mengetik Document Sederhana…………………………………………14
2. Titik Sisip dan Cara Memindahkan………………………………………14
3. Menghapus Teks…………………………………………………………..15
4. Membatalkan Perintah…………………………………………………….15

BAB 5 OPERASI BLOCK
1. Memilih Suatu Block………………………………………………………16

BAB 6 FORMAT FONT, MEMASUKAN SYMBOL, DROP CAP DAN LABEL PADA
AMPLOP
1. Membuat Font……………………………………………………………..19
a. Menentukan Font Melalui Kotak Dialog……………………………20
b. Menentukan Font Melalui Toolbar………………………………….20
c. Menentukan Font Melalui Kunci Pintas……………………………20
2. Memasukan Symbol Khusus…………………………………………….21
3. Membuat Drop Cap………………………………………………………22
4. Membuat Label Pada Amplop…………………………………………..23

BAB 7 FORMAT PARAGRAPH DAN MENGGAMBAR
1. Perataan Paragraph………………………………………………..………24
2. Pengaturan Paragraph……………………………………………………..26
3. Menentukan Batas Kiri……………………………………………………..26
4. Menentukan Batas kanan………………………………………………….26
5. Mengatur Spasi Baris………………………………………………………27
6. Menggambar………………………………………………………………..28

BAB 8 TAB STOP DAN IDENTASI
1. Menata Tab Stop……………………………………………………………30
2. Mengatur Identasi…………………………………………………………..32

BAB 9 MENAGTUR MARGIN
1. Ukuran Kertas dan Orientasi Halaman….……………………………….33

BAB 10 MEMBUAT BINGKAI DAN KOLOM KORAN
1. Membuat Bingkai…………………………………………………………..36
2. Membuat Kolom Koran……………………………………………………37

BAB 11 PENOMORAN HALAMAN DAN MENYISIPKAN FOOTNOTE
1. Memberikan Penomoran Halaman………………………………………38
2. Menyisipkan Footnote…………………………………………………….39

BAB 12 MENCARI DAN MENGGANTI KATA
1. Mencari Kata………………………………………………………………39
2. Mengganti Kata……………………………………………………………40

BAB 13 MENCETAK DOCUMENT
1. Persiapan Mencetak…..………………………………………………….41
2. Mencetak Document………………………………………………………42

BAB 14 PARAGRAPH BERNOMOR DAN BERBUTIR
1. Membuat Daftar Bernomot atau Berbutir Melalui Kotak Dialog………43
a. Membuat paragraph bernomor……….…………………………….43
b. Membuat paragraph berbutir/lambang/bullets…………………….44

BAB 15 MEMBUAT DAN MENYUNTING TABEL
1. Membuat Tabel Melalui Menu……………………………………………45
2. Menambah Jumlah Kolom pada Tabel………………………………….46
3. Menambah Jumlah Baris pada Tabel……………………………………46
4. Menghapus Baris pada Tabel…………………………………………….46

5. Menghapus Kolom pada Tabel……………………………………………46
6. Mengatur Lebar Kolom…………………………………………………….46
7. Mengganti Bentuk Tabel Melalui Menu…………………………………..47

BAB 16 MEMASUKAN WORDART DAN CLIPART
1. Memulai WordArt melalui Toolbars……..………………………………..47
2. Membuat Obyek WordArt Melalui Toolbar……………………………….48
3. Membuat Obyek ClipArt……………………………………………………49

RUMUS ARABIC………………………………………………………………………….51

BAB 1
PERKEMBANGAN KOMPUTER

1. Perkembangan Teknologi Komputer

Generasi Hardware Sistem
Interaksi Aplikasi
I
(1945-1955)

II
(1955-1965)

III
(1965-1975)

IV
(1975-1985)

V
(1990-…….) Mainframe
Tabung hampa

Mainframe
Transistor

Mainframe dan Mini (IC)

Personal Komputer

Sistem Komputer terintegrasi Plugboard

Bacth System

Time Sharing

Personal Operating System (DOS)

Network Operating System Switch

Punch Card

OS Comand

OS Comand

User Friendly GUI :Windows
Kalkulasi Ilmiah

Pengolahan data Elektronik

Personal Komputing

Personal Komputing

Tak terbatas

Pada perkembangan selanjutnya, komputer mikro (PC) telah berubah pola pemakaian komputer dari pengolahan yang terpusat pada satu mesin menjadi pengolahan tersebar yang dilakukan di banyak komputer.
Aplikasi yang biasa dilaksanakan pada PC sangat berkembang pesat, diklasifikasikan sebagai personal komputer.

2. Unsur Penting Dalam Menjalankan Komputer
Terdapat tiga unsure penting yang harus diketahui dalam menjalankan komputer, yaitu :

A. Unsur Hardware
Hardware atau perangkat/piranti keras adalah seluruh komponen elektronika dan mekanik yang menyusun sebuah komputer. Berdasarkan fungsinya hardware meliputi :

1. Alat input yang meliputi :
a. Penggerak disket (disk drive)
b. Papan kunci (Keyboard)
c. Mouse dll

2. Alat pemroses, yaitu pusat pemroses (CPU)
3. Alat output yang meliputi :
c. Layar peraga (monitor)
d. Alat pencetak (printer)
B. Alat penyimpan data, meliputi :
C. Memori
D. Disket
E. Hard Disk

B. Unsur Software
Software disebut juga perangkat/piranti lunakadalah kumpulan perintah atau data yang dapat diolah komputer untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan dari masukan yang diberikan, sehingga komputer dapat mengetik, menghitung, menggambar dan bersuara.
Diantara software aplikasi yang paling populer adalah :
1) Pengolahan kata (Word Processor)
Misalnya : WS (Word Star), CW (Chi-Writer), MS Word, WP (Word Perfect)
2) Lembar kerja (Spread sheet)
Misalnya : Lotus, MS, Excel
F. Basis Data Personal
Misalnya : Dbase III, MS, Access
G. Presentasi
Misalnya : Story Board, MS.Power, Hardvard Grafic
H. Grafik Teknik
Misalnya : Auto Cad, Corel Draw, Photoshop
I. Games
Misalnya : Digger, soliter, fifa 2000

C. Unsur Brainware
Brainware disebut juga piranti otak, yaitu sekelompok manusia yang menangani/ menjalankan system komputer, dimana kelompok ini saling berhubungan dan berkaitan satu sama yang lainnya, yaitu meliputi :
J. Sistem Analis
Yaitu seseorang yang bertugas memikirkan penggunaan komputer untuk memecahkan suatu masalah

K. Programmer
Yaitu seseorang yang bertugas membuat program, biasanya atas perintah dari seorang system analis
L. Operator
Yaitu seseorang yang bertugas mengoperasikan komputer/menjalankan program yang sudah jadi pada komputer.

BAB 2
PERKENALAN DENGAN WORD

M. Menggunakan Keyboard
Mengoperasikan Windows dan program aplikasi windows dengan papan ketik (keyboard) maupun dengan mouse. Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenal papan ketik adalah :

• Lambang yang bisa kita jumpai pada mesin tik seperti huruf (A, a, B, b, G, g, dsb), angka (1,2,3,4 dsb), lambang khusus ( !, @, #, %, &, $ dsb) termasuk spasi disebut karakter
• SHIFT digunakan untuk mengetik huruf kapital (besar) atau lambang khusus yang digambarkan dibagian atas tombol. Dengan cara menekan shift bersama huruf tersebut, seperti anda mengetik dengan mesin tik biasa.
• CAPSLOCK digunakan untuk mengunci huruf kapital. Bila anda menekan Caps Lock maka lampu Caps Lock di papan ketik akan menyala, dan semua huruf yang anda ketik tanpa menekan shift akan menjadi huruf kapital. Untuk mematikannya yaitu dengan menekan Caps Lock sekali lagi.
• BACKSPACE () digunakan untuk mengoreksi salah ketik. Dengan menekan Backspace maka kursor akan berpindah satu tempat ke kiri sambil menghapus karakter yang dilewatinya.
• ENTER digunakan untuk mengakhiri suatu perintah. Pada saat menyunting dengan Word menekan enter berarti mengakhiri suatu paragraph.
• Dibagian kanan pada papan ketik terdapat tombol pemindah kursor yaitu :
Panah kiri , panah kanan , panah atas , dan panah bawah 
Home, End, Page Up, Page Down

• Tombol-tombol berikut ini digunakan dalam penyuntingan dan pemberian perintah :
DEL (DELETE)
INS (INSERT)
ESC (ESCAPE)
F1, F2, F3 Dst
• CTRL, SHIFT, dan ALT hanya berfungsi bila ditekan dengan tombol yang lain.

Dilayar Windows bisa kita lihat petunjuk mouse (mouse pointer) yang berupa anak panah. Bentuk petunjuk mouse ini tidak selalu tetap, tergantung pemakaian. Petunjuk mouse dapat digeser bebas dengan cara menggeser mouse pada landasannya, melakukan operasi mouse dapat dilakukan dengan beberapa cara :
 Tunjuk (pointer)
Bawa petunjuk mouse kebagian yang ditunjuk (bisa suatu perintah, nama, lajur atau lambang-lambang lainnya)
 Geser (move)
Pindahkan petunjuk mouse dengan menggeser mouse dilandasan.
 Klik (click)
Tekan tombol mouse sekali dan segera lepaskan. Kita sebut pekerjaan ini dengan mengklik. Yang dimaksud tombol mouse biasanya tombol kiri, sedangkan yang kanan biasanya berupa perintah singkat yang disebut dengan klik kanan (right click
 Klik ganda (double click)
Tekan tombol mouse dua kali berurutan secara cepat tanpa menggeser mouse. Disebut juga dengan mengklik ganda
 Seret (drag)
Proses ini digunakan untuk memindahkan suatu bagian (berupa jendela, icon, teks dsb) dengan cara menyeretnya dengan mouse. Tunjuk bagian yang akan diseret lalu sambil menekan tombol mouse dan geserlah mouse, setelah sampai ditujuan lepas tombol mouse.

N. Memulai Word
Untuk memulai Word lakukan langkah-langkah berikut ini :
1. Klik tombol Start di lajur taskbar dibagian kiri bawah layar Windows
2. Bawa petunjuk mouse keperintah Program. Menu Program akan ditampilkan
3. Klik icon (lambang W) Microsoft Word pada menu. Anda akan masuk ke layar MS Word (lihat gambar).

O. Layar Word
Bagian-bagian layar Word adalah :
 Layar Judul
Pada layar judul (title bar) tercantum nama program yaitu Microsoft Word.

 Lajur Menu
Lajur menu (Menu bar) berisikan menu atau pilihan perintah
1. File
New : membuat lembaran/file baru
Open : mengaktifkan lembaran kerja/buka file
Close : tutup file
Save : menyimpan file
Save As : mentimpan file ke nama lain
Page Setup : pengaturan halaman, margin, dan ukuran kertas
Print Priview : melihat hasil cetakan di layar
Print : mencetak lembaran kerja dengan media printer
Exit : keluar dan selesai

2. Edit
Undo : membatalkan hasil cetakan layar / langkah mundur
Repeate : mengembalikan kembali pembatalan / langkah maju
setelah mundur
Cut : memindahkan teks/menghapus
Copy : membuat tanda pengkopian/membuat master
duplikat
Paste : laksanakan pengkopian/menggandakan master
duplikat
Paste Special : menggandakan untuk object tertentu
Clear : hapus
Select All : memblok seluruh data
Find : mencari teks/kata
Replace : mencari dan mengganti teks
Go To : memindahkan petunjuk kursor/ke halaman tertentu /
ke teks yang ditandai

3. View
Normal : mengatur tampilan kerja kebentuk normal
Outline : mengatur tampilan kerja secara garis besar
Print Layout : mengatur tampilan kerja sama seperti hasil cetak
Full Screen : tampilan full tanpa disertai menu
Toolbars : mengatur toolbars yang ditampilkan dilayar
Ruler : menyembunyikan dan memunculkan kembali garis
skala/garis mistar
Header and Foother : mengatur tampilan header and foother
Footnotes : mengatur dan menampilkan catatan kaki
Annotations : mengatur dan menampilkan catatan tambahan
Zoom : mengatur besar kecilnya layar

4. Insert
Break : menyisipkan tanda pergantian halaman
Page Numbers : mengubah nilai dan format nomor halaman
Data and Time : menyisipkan tanggal dan jam pada lembar kerja
Field : menyisipkan variabel tanggal, nama, nomor, dll
Symbol : menyisipkan symbol yang sudah disediakan
Windows
From Field : menyisipkan variabel perintah macro
Footnote : menyisipkan catatan kaki
Caption : menyisipkan judul halaman/object dokumen yang di
Index
Cross Reference : menyisipkan referensi dari caption, file, dll
Index and Tables : menyisipkan index dan table
File : menggabungkan file/ menyisipkan file lain
Frame : menyisipkan bingkai
Picture : menyisipkan objek gambar dari program lain
Database : menyisipkan file database

5. Format
Font : menentukan/mengatur jenis, ukuran, warna dan
bentuk huruf
paragraph : menentukan identitas, spasi lembaran kerja
Tabs : meletakan dan menghapus tab stop
Border and shading : membuat bingkai dan latar belakang pada teks
Coloums : membuat kolom Koran/majalah
Change Chase : mengubah huruf besar dan kecil teks yang di blok
Drop Cap : memperbesar huruf di awal alinea
Bullet and Numbering : mengubah bentuk bullet dan penomoran
Heading Numbering : penomoran tiap lembar halaman
Auto Format : mengatur auto format otomatis
Style Galerry : membuat library untuk format baku
Style : penggunaan format baku
Frame : format bingkai
Picture : mengembalikan gambar yang telah diubah/format
gambar
Drawing Object : object garis bebas

6. Tools
Speeling : pengecekan ejaan
Grammer : pengecekan tata bahasa
Thesaurus : menampilkan kamus/sinonim
Hyplienation : meletakan pemotongan kata
Language : bahasa yang dipergunakan
Word Count : menghitung jumlah huruf, halaman, baris, alinea dan
kata
Auto Correct : memperbaiki teks atau huruf secara otomatis
Mail Marge : cetak gabung/gabungan file dengan data
Envelopes and Labels : pencetakan di amplop dan pemberian label
Protect Document : melindungi/memproteksi dokumen
Revisions : merubah dari bahasa program lain
Macro : membuat macro dengan proses otomatis
Customize : membuat atau menambah icon toolbars
Options : menu pilihan/aturan umum

7. Table
Insert Table : membuat tabel baru
Delete Cells : menghapus sel dalam tabel
Marge Cells : menggabungkan sel
Split Cells : membagi kolom tabel/menyisipkan sel
Select Row : memilih baris/menandai baris tertentu
Select Coloumns : memilih kolom/menandai kolom tertentu
Select Table : memilih tabel
Table Auto Format : membuat tabel yang sudah ada judul
Cell height and width : atur tinggi baris dan lebar kolom
Headings : judul tabel
Convert text to table : gabung teks pada tabel
Sort : mengurut teks/sortir data pada tabel
Formula : perhitungan dalam tabel/rumus
Split Table : menyisipkan tabel/memisahkan tabel dengan baris
kosong
Hide Gridlines : mengaktifkan dan menonaktifkan garis tabel

8. Window
New Window : menghapus windows/area baru
Arrange All : menampilkan lembar kerja yang aktif dalam windows/
tampilan seluruh area dokumen
Spilt : pemotongan layar menjadi dua/menyisipkan windows

9. Help
Contents : petunjuk per modul
Search for Help On : petunjuk berdasarkan pilihan
Indexs : petunjuk berdasarkan urutan
Quick Priview : petunjuk tampilan cepat
Example and Demos : contoh dan demo
Tip of the Day : petunjuk berdasarkan harian
Word Perfect Help : petunjuk Word Perfect
Technical Support : teknik penunjang
About Microsoft Word : sekilas Microsoft word

 Toolbar
Toolbar merupakan lajur yang berisi tombol-tombol perintah tertentu. Suatu perintah dilakukan dengan mengklik tombol yang melambangkan perintah-perintah itu.
 Jendela Dokumen
Jendela dokumen merupakan lembaran kerja kita, baik berupa surat, laporan, makalah maupun buku disebut dokumen

 Petunjuk Mouse
Bila petunjuk mouse ditaruh didalam jendela dokumen disebut I-beam dilambangkan dengan ( I ). Bentuk petunjuk mouse itu berubah-ubah tergantung pada lokasi dan aktivitas yang anda lakukan

 Mistar
Mistar (ruler) merupakan batas atas jendela dokumen. Diperlihatkan batas margin kiri dan kanan. Angka-angka yang tertera pada mistar menunjukan jarak dari margin kiri.

 Lajur Gulung
Ada dua jalur gulung yaitu : lajur gulung vertical (Vertical Scroll Bar) dan lajur gulung horizontal (Horizontal Scroll Bar). Bila dokumen yang kita ketik terlalu panjang atau lebar dari layar, maka tidak seluruh dokumen terlihat dilayar. Kita dapat menggulung dokumen pada arah atas, bawah, kiri dan kanan dengan menggunakan lajur gulung

P. Mengakhiri Word
Untuk mengakhiri Word klik File pada lajur menu. Suatu menu akan ditampilkan. Klik perintah Exit pada menu tersebut (lihat gambar)

Bila kita tealh mengetik atau melakukan sesuatu, maka word akan menayangkan apakah dokumen akan disimpan ? pilih No apabila tidak akan menyimpannya, atau Yes apabila kita ingin menyimpannya. Lalu kita akan keluar dari Word dan kembali ke Windows. Atau Cencel apabila kita ingin membatalkan keluar dari Word

BAB 4
PENYUTINGAN DOCUMENT

1. Mengetik Document Sederhana
Sebagai contoh ketiklah dokumen dibawah ini :

Pondok Pesantren Miftahul Huda terletak di kedusunan Pasirpanjang Desa Kalimanggis Kec.Manonjaya Kab.Tasikmalaya Jawa Barat. Di desaKalimanggis terdapat enam buah Pondok Pesantren dan enam buah Madrasah Diniyyah, Pondok Pesantren Miftahul Huda sendiri berada dalam satu komplek yang terpisah dari perkampungan penduduk.

Uwa Ajengan (sebutan akrab untuk KH.Choer Affandi), Pendiri Pondok Pesantren Miftahul Huda sengaja membuat komplek Pesantren terpisah dari perkampungan penduduk agar dapat mengawasi santri dari pengaruh-pengaruh luar, dan dihubungkan dengan jalan aspal sepanjang 200 meter kearah selatan.

Pondok Pesantren Miftahul Huda secara harfiah berarti “Kunci Petunjuk”, nama ini diberikan oleh Uwa Ajengan untuk menggambarkan harapannya, agar Pondok Pesantren yang dikelolanya dapat mencetak orang-orang yang sholeh dan para Ajengan (sebutan kiyai di daerah sunda) yang nantinya dapat memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat.

Pada pengetikan contoh document di atas yang perlu diperhatikan adalah :
• Untuk baris pertama setiap paragraph (mengetik pada posisi masuk) tekanlah Tab pada papan ketik (Keyboard) anda diawal paragraph.
• Bila kita mengetik hingga akhir baris, maka secara otomatis akan pindah baris. Jadi jangan menekan ENTER untuk pindah baris bila anda sedang mengetik dalam satu paragraph.
• Tekan ENTER untuk mengakhiri suatu paragraph atau mengawali paragraph baru.

2. Titik Sisip dan Cara Memindahkan
Di jendela dokumen dapat kita lihat tanda garis ( I ) berkedip-kedip. Itu disebut titik sisip (insertion point). Setiap karakter (huruf, angka, lambang lain termasuk spasi) yang kita ketik akan muncul pada posisi titik sisip. Kita dapat memindahkan titik sisip dengan papan ketik atau mouse.

• Memindahkan titik sisip dengan papan ketik
Kita bisa pindahkan titik sisip dengan tombol di papan ketik (keyboard) berikut ini :

SIMBOL PERGERAKAN KURSOR
 Kursor berpindah satu baris ke atas/ke bawah
 Kursor berpindah satu huruf ke kanan/ ke kiri
Alt Ctrl PageDown Kursor berpindah satu halaman ke bawah
Alt Ctrl PageUp Kursor berpindah satu halaman ke atas
Ctrl Kursor berpindah satu kata ke kiri
Ctrl Kursor berpindah satu kata ke kanan
Home/End Kursor berpindah ke awal/akhir baris
Ctrl  Kursor berpindah satu paragraph ke atas
Ctrl  Kursor berpindah satu paragraph ke bawah
PageDown Kursor berpindah satu layar ke bawah
PageUp Kursor berpindah satu layar ke atas
Ctrl PageDown Kursor berpindah ke dasar windows
Ctrl PageUp Kursor berpindah ke awal windows
Ctrl Home Kursor berpindah ke awal dokumen
Ctrl End Kursor berpindah ke akhir dokumen

• Memindahkan titik sisip dengan mouse
Cara tercepat memindahkan titik sisip ke suatu tempat adalah dengan mengklik di tempat itu. Titip sisip akan langsung menuju ke posisi yang ditunjuk penunjuk mouse.

3. Menghapus Teks
Adakalanya kita mengetik teks yang salah dan perlu menghapusnya. Untuk menghapusnya gunakan tombol berikut :

Backspace : hapus karakter sebelum titik sisip
Delete : hapus karakter pada titik sisip
Ctrl+Backspace : hapus kata dikiri titik sisip
Ctrl+Del : hapus kata dikanan titik sisip

4. Membatalkan Perintah
Perintah yang salah dapat kita batalkan dengan perintah Edit, Undo atau dengan menekan Ctrl+Z. Dokumen akan dikembalikan seperti keadaan sebelum perintah terakhir yang kita lakukan

BAB 5
OPERASI BLOCK

1. Memilih Suatu Block
Berbagai proses dapat kita lakukan pada suatu blok atau suatu bagian dokumen. Untuk itu kita harus memilih (select) blok yang akan kita proses. Istilah lain adalah menyorot (highlight) blok. Kita dapat memilih atau menyorot blok dengan menggunakan tombol-tombol di keyboard atau dengan mouse

• Memilih dengan Shift
Cara yang biasa digunakan untuk memilih suatu blok dengan tombol shift adalah :
1. Taruh titik sisip di awal blok
2. Sambil menekan tombol Shift pindahkan titik sisip ke akhir blok
Blok yang kita pilih ditampilkan dengan latar belakang gelap

Berikut berbagai cara untuk memilih dengan tombol Shift :
Untuk memilih Lakukan dengan menekan
Hingga awal kata Shift + Ctrl + 
Hingga akhir kata Shift + Ctrl + 
Hingga awal baris Shift + Home
Hingga akhir baris Shift + End
Hingga awal document Shift + Ctrl + Home
Hingga akhir document Shift + Ctrl + End

• Memilih dengan mouse
Prosedur umum memilih dengan mouse.
2. Klik diawal blok
3. Seret pointer keakhir blok lalu lepas tombol mouse
Cara lain adalah :
1. Klik diawal blok
2. Sambil menekan Shift klik diakhir blok

Selain itu kita dapat menggunakan keknik-teknik khusus berikut :
Memilih Cara melakukan
Suatu kata klik ganda itu
Suatu kalimat tekan Ctrl lalu klik kalimah itu
Blok segi empat klik diujung kiri atas lalu sambil menekan Alt
seret pointer ke ujung kanan bawah blok
Seluruh dokumen berikan perintah Edit, Select All, atau tekan
Ctrl + A (lihat gambar)

• Membatalkan Block
Untuk membatalkan suatu blok, kliklah disembarang tempat dalam cendela dokumen

• Menghapus suatu Block
Untuk menghapus suatu blok pilih suatu blok lalu tekan Delete atau Backspace

GAMBAR 1

• Memindahkan Suatu Block
Untuk dapat memindahkan suatu blok dari suatu tempat ke tempat lain, yaitu :
A. Kita dapat menggunakan cara pertama berikut ini :
1. Pilih blok yang akan anda pindahkan
2. Berikan perintah Edit, Cut atau mengklik tombol Cut yang ada pada toolbar atau dengan kunci pintasnya yaitu Ctrl+X atau Shift+Del. Setelah itu teks akan menghilang yang selanjutnya telah disimpan di memory (clipboard)
3. Taruh titik sisip di tempat tujuan
4. Berikan perintah Edit, Paste (tombol Paste pada toolbar) dengan kunci pintasnya Ctrl+V atau Shift+Insert
B. Cara kedua (drag-and-drop)
1. Pilih blok yang akan kita pilih
2. Tunjuk blok itu dengan mouse
3. Setelah itu seret mouse ke tempat tujuan. Pada saat memilih petunjuk mouse seperti anak panah menyeret kotak
4. Setelah tiba ditujuan, lepaskan tombol mouse

• Mengcopy suatu block
Untuk dapat mengcopy suatu blok dari suatu tempat ke tempat yang lain, yaitu:
A. Cara pertama dengan menggunakan prosedur berikut ini :
1. Pilih blok yang akan anda copy
C. Berikan perintah Edit, Copy (atau tombol Copy di toolbar) atau dengan
kunci pintasnya Ctrl+C
D. Taruh titik sisip ditempat tujuan
E. Berikan perintah Edit, Paste (atau tombol Paste di toolbar) dengan
kunci pintas Ctrl+V atau Shift+Insert

F. Cara kedua (drag-and-drop)
G. Pilih blok yang akan kita pilih
H. Tunjuk blok itu dengan mouse
I. Sambil menekan Ctrl seret mouse ke tempat tujuan. Pada saat memilih petunjuk mouse seperti anak panah menyeret
J. Setelah tiba ditujuan, lepaskan tombol mouse

BAB 6
FORMAT FONT, MEMASUKKAN SYMBOL
DAN DROP CAP

2. Membuat Font
Setiap font mempunyai nama tersendiri, misalnya Times New Roman, Tahoma, Arial, Jester, Wingdings, Mistral, Standout dll. Untuk menyatakan ukuran font digunakan point, contoh font :
Times New Roman
Arial Black
Jester
Calligrapher
Mistral
Font Style adalah cara suatu font dicetak, misalnya normal, italic (miring), Bold (tebal), Underline (garis bawah)

a. Menentukan Font Lewat Kotak Dialog
Untuk menentukan Font lewat kotak dialog berikan perintah Format, Font atau dengan jalan pintas tekan Ctrl+D. kotak dialog font ditampilkan. Pilih Tab Font

Pilih font dikotak teks Font, klik Ok

b. Menentukan Font Lewat Toolbar
Untuk menentukan font, ukuran, style-nya dapat kita berikan lewat toolbar (lihat gambar 1 pada halaman 18)
• Font dapat kita tentukan dengan mengklik tombol panah disamping kotak font, lalu dengan memilihnya pada daftar yang ditampilkan
• Ukuran font juga dapat ditentukan dengan cara yang sama di kotak Size
• Kita dapat memilih Font Style Bold (tebal), Italic (miring), Underline (garis bawah) dengan mengklik tombol B, I, U (mengklik lagi untuk untuk membatalkanny atau mengakhirinya)

c. Menentukan Font Lewat Kunci Pintas
Kita dapat menggunakan kunci berikut ini untuk memformat karakter :
Ctrl+Shift+A membuat seluruh huruf kapital (besar)
Ctrl+B huruf tebal

Ctrl+I Cetak miring
Ctrl+U garis bawah
Ctrl+Shift++ supersript (angka 2 pada 1000 m2)
Ctrl++ subscript (angka 2 pada H2O)
Menekan kunci pintas itu lagi berarti membatalkan format yang diberikannya.

Font dan ukuran font dapat kita tentukan dengan kunci pintas sebagai berikut :
Ctrl+Shift+F menentukan font melalui toolbar
Ctrl+Shift+P menentukan ukuran font
Ctrl+Shift+> tambahkan ukuran font
Ctrl+Shift+< kurangi ukuran font
Ctrl+] tambahkan ukuran font 1 point
Ctrl+[ kurangi ukuran font 1 point

3. Memasukan Symbol Khusus
Untuk memasukkan suatu lambang khusus lakukan prosedur sebagai berikut :
1. Taruh titik sisip ditempat kita akan memasukkan lambang
2. Berikan perintah Insert, drag mouse dan sorot pilihan Symbol. Kotak dialog ditampilkan :

3. Klik lambang yang akan anda masukkan
4. Klik Insert
5. Klik Close

4. Membuat Drop Cap
Untuk membuat Drop cap lakukan sebagai berikut :
1. Blok huruf yang akan dibuat Drop Cap
2. Pilih Menu Format, lalu Drop Cap, menu Drop Cap ditampilkan :

3. Dalam tiga kotak Position tentukan posisi/jenis Drop Cap yang dinginkan
4. Anda bisa mengganti karakter bentuk huruf dan besarnya huruf yang anda inginkan dengan mengklik arah panah ke bawah pada Font dan Lines to Drop yang ada pada kotak dialog
5. Klik Ok

Contoh :
K
ami seluruh warga M.A 3 (angkatan 2002-2003) mengucapkan selamat dan sukses bagi para Wisudawan dan Wisudawati Miftahul Huda angkatan ke IV, semoga ilmu yang telah anda dapatkan, menjadi ilmu yang bermanfa’at dan mendapat keridhoan dari Alloh SWT. Amiin (By: Moch.Hasbulloh & Bety Rubai’ah)

Membuat Label Pada Amplop

Agar dapat menggunakan fasilitas amplop. Maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Pilih menu Tools
2. Drag mouse sorot pilihan Envelopes and labels. Kotak dialog ditampilkan :

3. Ketik alamat yang dituju pada Delivery Address
4. Klik alamat pengirim pada Retum Address
5. Klik pilihan Print untuk mencetak

Keterangan :
Pada kotak dialog Envelopes and labels, selain Delivery Address dan Retum Address masih terdapat pilihan lain, yaitu ;
• Preview : untuk melihat benar tidaknya penempatan alamat yang dituju
serta alamat pengirim
• Feed : petunjuk memasukan amplop pada printer
• Omit : pilihan untuk memasukan atau tidaknya alamat pengirim
pada amplop
• Cancel : untuk membatalkan penggunaan/menutup kotak dialog
• Option : pilihan untuk menentukan ukuran amplop yang digunakan
BAB 7
FORMAT PARAGRAPH

Sebelum melakukan pengetikan alangkah baiknya lakukan penyuntingan halaman maupun paragraph terlebih dahulu

1. Perataan Paragraph
Word mengenal empat macam perataan paragrap yaitu :
• Perataan kiri (Left Aligned)
• Perataan kanan (Righ Aligned)
• Perataan penuh (Justified)
• Perataan tengan (Centered)

Contoh paragraph dengan berbagai perataan :

Perataan kiri
Pondok Pesantren Miftahul Huda yang didirikan 34 tahun yang lalu oleh Almarhum KH.Choer Affandy, tepatnya tanggal 07 Agustus 1967 hingga sekarang tetap konsisten mempertahankan ke-salafiyahannya. Mereka tak bergeming untuk mendirikan pendidikan formal misalnya, TKA/TPA, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah ataupun pendidikan Perguruan Tinggi. Kendati demikian, secara priodik minat ummat Islam untuk belajar ilmu agama melalui kitab kuning (klasik) di Pesantren ini cukup meledak

Perataan kanan
Pondok Pesantren Miftahul Huda yang didirikan 34 tahun yang lalu oleh Almarhum KH.Choer Affandy, tepatnya tanggal 07 Agustus 1967 hingga sekarang tetap konsisten mempertahankan ke-salafiyahannya. Mereka tak bergeming untuk mendirikan pendidikan formal misalnya, TKA/TPA, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah ataupun pendidikan Perguruan Tinggi. Kendati demikian, secara priodik minat ummat Islam untuk belajar ilmu agama melalui kitab kuning (klasik) di Pesantren ini cukup meledak

Perataan penuh
Pondok Pesantren Miftahul Huda yang didirikan 34 tahun yang lalu oleh Almarhum KH.Choer Affandy, tepatnya tanggal 07 Agustus 1967 hingga sekarang tetap konsisten mempertahankan ke-salafiyahannya. Mereka tak bergeming untuk mendirikan pendidikan formal misalnya, TKA/TPA, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah ataupun pendidikan Perguruan Tinggi. Kendati demikian, secara priodik minat ummat Islam untuk belajar ilmu agama melalui kitab kuning (klasik) di Pesantren ini cukup meledak

Perataan tengah
Pondok Pesantren Miftahul Huda yang didirikan 34 tahun yang lalu oleh Almarhum KH.Choer Affandy, tepatnya tanggal 07 Agustus
1967 hingga sekarang tetap konsisten mempertahankan ke-salafiyahannya. Mereka tak bergeming untuk mendirikan pendidikan formal misalnya, TKA/TPA, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah
ataupun pendidikan Perguruan Tinggi. Kendati demikian, secara priodik

Untuk melakukan penyuntingan paragraph dapat dilakukan langkah-langkah berikut :
• Melakukan perataan paragraph melalui kotak dialog
1. Taruh titik sisip di paragraph yang akan kita format
2. Klik menu Format
3. Pilih dan klik Paragraph atau dengan jalan pintas tekan Ctrl+P
4. Pilih tabIndents and Spacing
5. Pilih Alignment digunakan untuk perataan paragraph, berisi 4 pilihan :
– Left : untuk perataan kiri paragraph
– Right : untuk perataan kanan
– Centered : untuk perataan tengan
– Justified : untuk rata kiri dan kanan (penuh)
6. Klik Ok

Atau anda bisa menggunakan pasilitas yang ada pada toolbar :

2. Pengaturan Paragraph
Dalam mengetik suatu dokumen, kita mungkin menginginkan setiap memulai paragraph/alinea dibuat menjorok/masuk kedalam, yang disebut indent
Perintah yang dapat kita lakukan untuk mengatur paragraph adalah :
1. Klik menu Format, lalu pilih Paragraph
2. Pada layar akan tampil kotak dialog paragraph (seperti pada hal: 25)
3. Pada kelompok Indentation, klik tanda panah pada special, dan sorot pilihan First Line
4. Klik tanda panah pada By sampai mencapai angka yang diinginkan
5. Klik OK
Selain dengan menggunakan perintah diatas, untuk membuat paragraph dapat juga dengan menggunakan tombol Tab atau dengan menggeser tombol pada mistar

3. Menentukan Batas Kiri
Harga awal batas kiri adalah 0 inchi. Untuk merubah batas kiri dokumen dapat dengan menggeser tombol pada baris mistar atau :
1. Klik menu Format, lalu pilih Paragraph
2. Pada layar akan tampil kotak dialog paragraph (seperti pada hal: 25)
3. Pada kelompok Indentation, klik tanda panah atas pada Before text, sampai mencapai angka yang diinginkan
4. Klik OK

4. Menentukan Batas Kanan
Harga awal batas kiri adalah 0 inchi. Untuk merubah batas kiri dokumen dapat dengan menggeser tombol pada baris mistar atau :
5. Klik menu Format, lalu pilih Paragraph
6. Pada layar akan tampil kotak dialog paragraph (seperti pada hal: 25)
7. Pada kelompok Indentation, klik tanda panah atas pada After text, sampai mencapai angka yang diinginkan
8. Klik OK

5. Mengatur Spasi Baris/Jarak Spasi
• Mengatur spasi baris melalui kotak dialog
Spasi menentukan jarak baris dalam paragraph, untuk melakukan spasi baris lakukanlah prosedur berikut ini :
1. Taruh titik sisip pada paragraph yang akan kita ubah spasinya
2. Berikan perintah Format lalu pilih Paragraph. Kotak dialog akan tampil (lihat pada hal. 25)
3. Pilih Tab Indents and Spacing
4. Klik panah bawah pada Line Spacing, dan pilihlah spasi yang diinginkan
5. Klik OK
Jarak spasi pada Line Spacing adalah :
Single : jarak spasi 1
1,5 Lines : jarak spasi 1,5 (satu setengah)
Double : jarak spasi 2
At Least : jarak spasi minimum, bila perlu word akan menambah spasi
extra
Exactly : memberikan spasi yang eksak. Jarak semua baris akan sama
tidak tergantung pada font yang anda gunakan
Multiple : kelipatan spasi tunggal/spasi dengan interval 0,5 serta
minimum 0,5

• Kita juga dapat menentukan spasi dengan kunci pintas
1. Taruh titik sisip pada paragraph yang akan kita ubah spasinya
2. Lalu tekan salah satu kunci pintas berikut ini :
Ctrl+1 : 1 spasi (Single)
Ctrl+5 : 1,5 spasi (1,5 Lines)
Ctrl+2 : 2 spasi (Double)

• Menentukan spasi baris melalui toolbar
Cara lain adalah dengan menggunakan Formating toolbar. Taruhlah titik sisip pada paragraph yang akan diubah spasi barisnya, kemudian klik salah satu icon spasi yang di inginkan.

MENGGAMBAR

Microsoft Word menyediakan suatu fasilitas menggambar dengan ditampilkannya Toolbar Drawing. Kegunaan dari fasilitas ini adalah untuk disisipkan kedalam dokumen, sehingga dokumen kelihatan lebih menarik. Disamping itu gambar objek juga dapat diberi warna dan memberi bayangan yang anda sukai
Kita dapat menggunakan fasilitas menggambar ini, hanya dengan mengklik icon yang anda butuhkan. (lihat gambar icon Drawing dibawah ini)

GAMBAR 1

Garis

Garis Panah

Segi empat dan bujur sangkar

Elips dan lingkaran

Atau anda bisa juga membuat bentuk-bentuk gambar yang lebih menarik/dengan gaya bebas, caranya yaitu anda cukup mengklik AutoShapes yang tersedia di toolbar Drawing, setelah itu taruh titik sisip di jendela dokumen, seperti :

KETERANGAN GAMBAR 1 PADA HAL. 28 :
• No. 1 : untuk mengubah.membulak-balik posisi gambar
• No. 2 : untuk membuat segi empat/bujur sangkar dan bisa untuk menulis
• didalamnya
• No. 3 : untuk mengeluarkan kotak dialog WordArt
• No. 4 : untuk mengeluarkan kotak dialog ClipArt
• No. 5 : untuk memberi warna pada dalam gambar
• No. 6 : untuk memberi warna pada garis gambar
• No. 7 : untuk memberi warna pada font
• No. 8 : untuk mengganti bentuk pada garis
• No. 9 : untuk mengganti bentuk garis menjadi terpisah-pisah
• No. 10 : untuk mengganti bentuk garis menjadi anak panah atau lainnya
• No. 11 : untuk memberi bayangan pada gambar
• No. 12 : untuk memberi bayangan/cahaya pada gambar

BAB 8
TAB STOP DAN IDENTASI

1. Menata Tab Stop
• Tab stop dan kegunaannya
Tab stop digunakan untuk meletakkan teks hingga tepat pada jarak tertentu margin kiri. Pada awalnya Word memberikan Tab stop setiap selang 0,5 inchi. Kalau kita men-tab ke tab stop berikutnya, maka karakter yang kita ketik berada pada posisi tab stop. Jangan memberikan jarak antara margin teks dan margin dengan mengetikkan spasi, tetapi berikan jarak itu dengan meletakkan teks tersebut pada suatu posisi tab stop.

• Jenis-jenis tab stop
Teks yang kita ketik pada suatu posisi tab stop akan diatur perataannya terhadap posisi tab stop. Ada empat jenis tab stop yaitu :
— Left-aligned (rata kiri)
— Centered (rata tengah)
— Right-aligned (rata kanan)
— Decimal (rata dititik desimal)
Contoh kolom tabel dan diratakan pada tab stop. Perhatikan lambang masing-masing tab stop pada mistar.

• Memindahkan dan menghapus tab stop melalui mistar
Cara tercepat memindahkan dan menghapus tab stop adalah melalui mistar. Taruh titik sisip di paragraph yang tab stopnya akan dihapus atau digeser. Selanjutnya :
1. Untuk memindahkan tab stop seretlah lambang tab stop kekiri atau kekanan di mistar, lalu pada posisi yang kita inginkan lepas tombol mouse. Pada waktu menggeser tab stop suatu garis vertical titik-titik ditampilkan untuk membantu meletakkan tab stop.
2. Untuk menghapus tab stop seretlah tab stop tersebut ke luar dari mistar, lalu lepas tombol mouse

• Memberi tab stop melalui kotak dialog
Cara melalui kotak dialog memiliki beberapa kelebihan, beberapa tab stop dapat anda tentukan secara cermat dengan mengetikkan angka posisinya
1. Taruh titik sisip di paragraph yang akan kita tata tab stopnya
2. Berikan perintah Format, lalu Tabs. Maka kotak dialog Tabs ditampilkan

3. Ketiklah angka posisi tab stop yang akan kita berikan di kotak teks Tab stop Position. Angka itu menyatakan posisi tab stop dari margin kiri dalam satuan inci

4. Pilihlah jenis tab stop dengan memilih salah satu tombol pilihan
Left : rata kiri
Center : rata tengah
Right : rata kanan
Decimal :
Bar :
5. Bila perlu dapat memberikan Leader atau garis penghubung dengan tab stop sebelumnya. Pilihlah dengan mengklik salah satu tombol pilihan dibagian leader. Kita dapat memilih :
1 None
2 Garis titik
3 Garis putus
4 Garis bawah
Contoh-contoh leader :
a. Leader dengan garis titik untuk daftar buku
Bab 5 : Kesimpulan………………………………………………………23
b. Leader berupa garis putus nomor telephon
Miftahul Huda——————————————————–(0265)380954
c. Leader garis bawah untuk formulir
Nama____________________Alamat_________________________

3. Mengatur Identasi
• Mengidentasi paragraph
Di mistar disediakan tiga penanda identitas (ident maker) yaitu penanda-identasi kiri-identasi kanan, penanda identasi baris pertama.
Perhatikan tata letak paragraph yang diatur oleh ketiga penanda identasi itu.

Kita dapat mengatur posisi identasi dengan menggeser penanda identasi itu. Yaitu dengan menyeret pananda identasi itu ke posisi yang kita kehendaki

BAB 9
MENGATUR MARGIN

1. Ukuran Kertas Dan Orientasi Halaman
Sebelum melakukan pengetikan, alangkah baiknya jika melakukan penyutingan halaman maupun paragraph terlebih dahulu.

Untuk melakukan penyutingan halaman lakukan langkah-langkah berikut :
1. Klik menu File
2. Pilih Page Setup atau dengan jalan pintas tekan Alt+F, lalu akan tampil kotak dialog Page Setup seperni ini : (lihat pada hal.34)

Pilihan Page Setup dibagi menjadi empat bagian :
a. Margin
Pada bagian ini anda dapat menentukan :
• Top (menentukan margin atas), Bottom (menentukan margin bawah), Left (menentukan margin kiri), Right (menentukan margin kanan)
• Gutter, digunakan untuk menentukan margin yang disediakan untuk penjilidan
• Header dan Footer, masing-masing untuk menentukan margin untuk daerah Header and Footer
• Mirror margins, digunakan untuk pengetikan model buku dengan halaman bulak-balik
• Apply to, untuk pilihan pengaplikasian tatanan halaman ke dokumen

b. Paper Size
Pada bagian ini akan ditemukan beberapa item.
• Paper size, untuk memilih ukuran kertas yang kita pakai, selain itu kita juga dapat mendefinisikan sendiri ukuran kertas yang dipakai dengan mengisi kolom Width dan Height
• Orientation, untuk memilih arah atau orientasi pencetakan, pilih Landscape untuk mencetak horizontal atau pilih Portrait untuk mencetak tegak. (lihat gambar.hal.35)

c. Paper Source
Bagian ini digunakan untuk menentukan sumber kertas yang dipakai. Ini tergantung dari printer yang dipakai
d. Layout
Pada bagian ini terdapat beberapa item :
• Section Start, untuk menentukan awal teks setelah suatu tanda akhir bagian (Break Section) anda dapat memilih Continuous jika menyambung saja, New Columns jika ketikan berikutnya pindah kolom, New Page, jika teks berikutnya pindah halaman, Even Page jika teks berikutnya diletakkan pada halaman genap, Odd Page, jika teks berikutnya diletakkan pada halaman ganjil.
• Header and Footer, untuk menentukan tatanan teks header dan footer, Dufferent Odd and Even yaitu tata letak header dan footer, berbeda untuk halaman ganjil dan genap antara halaman pertama dengan halaman lain.
• Vertical Alignment, untuk mencantumkan perataan vertical teks terhadap kertas, Top, Center, Justified, masing-masing untuk rata atas, rata bawah dan rata atas bawah

BAB 10
MEMBUAT BINGKAI DAN KOLOM KORAN

Untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik, Microsoft Word menyediakan fasilitas yaitu untuk membuat bingkai, kolom bentuk Koran dan lain sebagainya. Langkah untuk menghasilkan tampilan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Membuat Bingkai
1. Klik menu Format.
2. Pilih Borders and Shading, lalu kotak dialog akan ditampilkan.
3. Pilih/klik menu Page Border

4. Dalam kotak Art anda bisa memilih bingkai yang anda inginkan
5. Untuk memformatnya, Klik Option dalam menu Border and shading
(menu Border and Shading Option akan ditampilkan. Lihat hal.35)

6. Klik kotak measure from, lalu pilih Text
7. Kemudian atur jarak marginnya sesuai yang anda inginkan
8. Klik OK untuk keluar dari menu Border and Shading Option
9. Klik OK untuk keluar dari menu Borders and Shading

2. Membuat Kolom Koran
a. Blok teks yang akn dibuat kolom Koran
b. Pilih menu Format, lalu pilih Columns (maka menu Columns akan tampil)

c. Dalam kotak Presert pilih bentuk kolom koran sesuai yang anda inginkan, atau dalam kotak Number of Columns tinggal ketik berapa kolom yang diinginkan.
d. Klik OK

BAB 11
PENOMORAN HALAMAN DAN MENYISIPKAN FOOTNOTE

1. Memberikan Penomoran Halaman
Untuk memberikan penomoran pada halaman, lakukan dengan langkah-langkah berikut ini :
1. Berikan perintah Insert, lalu pilih Page Numbers. Dan kotak dialog Page Numbers akan ditampilkan.

2. Tentukan posisi nomor halaman melalui daftar Position. Kita dapat memilih
Top of Page (Header) : nomor halaman diatas halaman
Bottom of Page (Footer) : nomor halaman dibawah halaman
3. Selanjutnya tentukan perataan nomor halaman melalui daftar Alignment dan pilihlah :
Left : nomor halaman disisi kiri bawah setiap halaman
Right : nomor halaman disisi kanan bawah setiap halaman
Center : nomor halaman ditengah bawah setiap halaman
Inside : nomor halaman disisi dalam halaman (bawah) dalam hal dokumen di
jilid bolak-balik seperti buku (kotak Cek Mirror Margin ditandai)kiri adalah halaman ganjil, dan kanan halaman genap
Outside: nomor halaman disisi luar halaman (bawah) dalam hal dokumen di
jilid bolak-balik seperti buku (kotak Cek Mirror Margin ditandai)kiri adalah halaman ganjil, dan kanan halaman genap

4. Klik OK

2. Menyisipkan Footnote
Yang dimaksud dengan Footnote adalah catatan kecil yang terletak disebelah bawah dari suatu dokumen. Biasanya Footnote ini berisi keterangan-keterangan penting dari suatu istilah, terutama terdapat dalam buku-buku ilmiah.
Langkah-langkah membuat Footnote :
a. Tempatkan kursor ditempat istilah tersebut
b. Pilih menu Insert, lalu pilih Footnote, dan kotak dialog Footnote akan tampil.

c. Ketik dikotak Numbering nomor footnote yang akan disisipkan
d. Klik OK
e. Kemudian ketiklah keterangandari istilah tersebut

BAB 12
MENCARI DAN MENGGANTI KATA

1. Mencari Kata
Untuk mencari suatu kata dalam dokumen, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
• Klik menu Edit, lalu pilih Find¸ atau tekan Ctrr+F. lalu kotak dialog akan tampil.

• Pada Find What ketik kata yang akan dicari
• Klik panah More
• Klik panah pada pilihan Search, sorot pilihan Up, jika ingin mencari keawal dokumen, atau sorot pilihan Down jika ingin mencari keakhir dokumen
• Untuk mengatur pencarian kata, klik pilihan :
Match : mencari kata dengan membedakan huruf besar dan kecil
Find Whole Word Only : mencari kata seutuhnya
User Pattern Maching : mencari kata dengan menggunakan fasilitas
wildcard (* atau ?)
Sounds Like : mencari kata dengan ucapan yang sama. Tetapi
penulisan yang berbeda. Misalnya : Center dan Centre

2. Mengganti kata
Seringkali terjadi harus dilakukan pergantian kata dalam suatu dokumen dalam jumlah banyak. Untuk itu kita tidak perlu cape dan bersusah payah untuk mengganti kata-kata yang salah itu dengan beberapa kali, tapi cukup anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
• Klik menu Edit, lalu sorot pilihan Replace atau menggunakan jalan pintas tekan Ctrl+H, lalu akan tampil kotak dialog Replace

• Pada Find what ketik kata yang akan diganti
• Lalu pada Replace with ketik kata pengganti
• Klik Replace atau Replace All untuk melakukan proses pergantian

BAB 13
MENCETAK DOKUMEN

1. Persiapan Mencetak
• Page Preview
Adalah fasilitas yang disediakan agar dokumen yang umumnya tampil dilayar hanya sebagian saja, dapat ditampilkan sebagai satu halaman penuh pada layar yang sama. Fasilitas ini merupakana penampilan dokumen sebelum dicetak ke printer, dimana bentuk penampilan persis sama pada saat dicetak. Tujuannya agar kita memperoleh gambaran mengenai format dokumen, apakah sudah sesuai atau belum sebelum dicetak ke printer.
Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, maka langkah-langkah yang dilakukan adalah ;
a. Klik menu File, lalu pilih Print Preview, pada layar segera tampil dokumen yang di-view-kan.
b. Saat dilayar tampil view dari suatu dokumen, dibagian atas dari view terdapat lagi 10 pilihan berupa tool yang sangat berhubungan dengan penampilan view dokumen tersebut. (lihat tool view dibawah ini)

Keterangan :
Tool ke-1 (Print) : untuk melaksanakan percetakan seluruh dokumen
Tool ke-2 (magnifier) : untuk memperbesar penampilan
Tool ke-3 (One Page) : untuk menampilkan dokumen satu halaman penuh
Tool ke-4 (Multi page) : untuk memilih jumlah halaman yang akan ditampilkan
Tool ke-5 (Zoom control) : untuk mengatur pembesaran dan pengecilan
Tool ke-6 (View ruler) : menampilkan atau meniadakan garis mistar
Tool ke-7 (Shrink to fit) : agar bagian yang sedikit bisa masuk dihalaman
berikutnya
Tool ke-8 (Full screen) : agar seluruh layar digunakan untuk menampilkan
document
Tool ke-9 (Close) : menutup view dan kembali ke dokumen
Tool ke-10 (Help) : untuk menanyakan tentang pencetakan/
mendapatkan bimbingan

2. Mencetak Document
Setiap dokumen yang telah selesai diketik tentunya ingin dicetak melalui printer, untuk dapat melakukan pencetakan, maka lakukan langkah berikut ini :
• Bukalah dokumen yang akan kita cetak
• Klik menu File, lalu pilih Print, atau tekan Ctrl+P. kotak dialog ditampilkan

• Tentukan jumlah copy yang dicetak di kotak Number of Copies
• Tentukan bagian yang akan dicetak dengan memilih salah satu tombol pilihan :
All : mencetak seluruh dikumen
Current Page : mencetak halaman tempat titik sisip
Pages : mencetak halaman tertentu. Isikan nomor halaman dikotak
Pages. Misalnya :
5 : maka yang dicetak hanya halaman 5 saja
5-10 : yang dicetak halaman 5 sampai 10
5, 10 : yang dicetak halaman 5 dan 10
5, 10, 12-19 : yang dicetak hal 5, 10 dan 12 sampai 15
Section : mencetak teks yang disorot

• Klik OK apabila telah selesai

BAB 14
PARAGRAPH BERNOMOR DAN BERBUTIR

1. Membuat Paragraph Bernomor atau Berbutir Melalui Kotak Dialog
a. Membuat paragraph bernomor
Paragraph bernomor umumnya digunakan untuk memberikan nomor pada setiap alinea/paragraph, untuk menggunakan fasilitas ini perintah yang dilakukan adalah dengan mengklik icon Numbering. Pada layar otomatis tampil nomor pada alinea yang pertama, setelah selesai pengetikan dan pindah paragraph dan menekan Enter, maka dengan otomatis tampil nomor alinea berikutnya.
Disamping dengan cara diatas, masih ada lagi fasilitas yang lebih canggih dan cepat serta praktis yaitu fasilitas Bullets and Numbering untuk mendapatkan fasilitas tersebut, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
• Klik menu Format, pilih Bullets and Numbering, pada layar akan tampil kotak dialog Bullets and Numbering.

• Klik pilihan Tab Numbered, pilih penomoran yang kita inginkan
• Untuk paragraph bernomor sub bab, kliklah Tab Outline Numbered
• Klik OK

b. Membuat paragraph berbutir/lambang/bullets
Fasillitas pemakaian bullets tidak jauh berbeda dengan pemakaian penomoran paragraph, hanya terjadi perbedaan dengan bullets penomoran ditampilkan dalam bentuk-bentuk lambang-lambang karakter. Fasilitas penggunaan Bullets dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Langsung menggunakan icon Bullets
2. Melalui kotak dialog. Langkah yang harus dilakukan adalah ;
• Klik menu Format, pilih Bullets and Numbering, pada layar akan tampil kotak dialog Bullets and Numbering (seperti gambar pada halaman 43)
• Klik pilihan Tab Bulleted, dan pilih lambang/bullets yang diinginkan

• Bila Bullets yang tersedia pada kotak dialog tidak ada yang sesuai dengan keinginan anda atau Bulletnya ingin dibesarkan karena terlalu kecil, anda masih bisa mencarinya dan membesarkannya, yaitu dengan mengklik Customize, lalu pilih
Bullet : untuk mengganti Bullet
Font : untuk memperbesar/memperkecil ukuran Buleet

• Klik OK

BAB 15
MEMBUAT DAN MENYUNTING TABEL

Suatu tabel terbagi atas kolom (columns) dan baris (row). Perpotongan suatu baris dan kolom berupa suatu kotak yang disebut sel (cell). Tabel dapat dibuat melalui menu maupun toolbars.
Pembuatan tabel dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan Tab stop dan menggunakan menu Table
Tab stop hanya terdapat pada baris mistar, merupakan tempat perhentian kursor setelah kita menekan tombol Tab. Jarak penghentian dari satu tab stop ke tab stop berikutnya dalam keadaan default adalah ½ inchi. Jarak ini dapat diubah-ubah dengan menambah penempatan tab stop baru pada garis mistar.

1. Membuat Tabel Melalui Menu
Microsoft Word menyediakan suatu fasilitas lain dalam menyusun sebuah tabel yaitu dengan fasilitas siap pakai dengan menggunakan menu Table. Langkah-langkah yang digunakan untuk membuatnya adalah :
1. Klik menu Table, lalu pilih Insert Table. Kotak dialog akan ditampilkan

2. Tentukan jumlah kolom ditempat Number of Culumns
3. Tentukan jumlah baris di tempat Number of rows
4. Klik OK

Word akan membuat bagan tabel dengan jumlah baris dan kolom yang kita tentukan. Dan lebar setiap kolom sama (lihat di hal.46)

Keterangan :
Default dari fasilitas Insert Table untuk Number of column dan Number of Row adalah 2, sedangkan Width adalah auto

2. Menambahkan Jumlah Kolom pada Tabel
Langkah-langkah yang harus dilakukan :
• Tempatkan kursor pada tabel yang akan ditambah kolomnya
• Klik menu Table, Insert lalu pilih Rows Above atau Rows Below

3. Menambahkan Jumlah Baris pada Tabel
Langkah-langkah yang harus dilakukan :
• Tempatkan kursor pada tabel yang akan ditambah barisnya
• Klik menu Table, Insert lalu pilih Columns to the Left atau Columns to the Right

4. Menghapus Baris pada Tabel
Langkah-langkah yang harus dilakukan :
• Tempatkan kursor pada tabel yang akan dihapus barisnya
• Klik menu Table, Delete lalu pilih Columns

5. Menghapus Kolom pada Tabel
Langkah-langkah yang harus dilakukan :
• Tempatkan kursor pada tabel yang akan dihapus kolomnya
• Klik menu Table, Delete lalu pilih Rows

6. Mengatur Lebar Kolom
Setelah tabel dibuat, perlu mengatur lebar kolom sesuai dengan kebutuhan. Lebar kolom dapat di ubah dengan menyeret batas sel.
• Tunjuk batas kanan atau kiri hingga mouse ditampilkan sebagai tanda yang menjepit batas itu.
• Seretlah batas itu ke kiri atau ke kanan sesuai dengan yang diinginkan, lalu lepas tombol mouse.

7. Mengganti Bentuk Tabel Melalui Menu
Anda ingin bentuk tabel yang anda buat seperti ini ?

NAMA
ALAMAT
HOBY
HIMPUNAN
Wahyudin Jakarta Baca Buku RISMET
Abdussyakir Bogor Makan ARISKHA
M.Rasyid Parung Ngucing ARISKHA
Asep Muhsi Sumatera Bulu Tangkis IKSAS
Deden Rahmat Bogor Bekerja ARISKHA

Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk merubah atau mengganti bentuk tabel anda dengan bentuk yang indah dan penuh warna. Fasilitas ini bisa anda dapatkan dengan langkah-langkah berbagai berikut :
• Klik menu Table, lalu pilih Table AutoFormat
• Klik panah pada Formats untuk mencari bentuk tabel yang anda inginkan
• Klik OK

BAB 16
MEMASUKKAN WORDART DAN CLIPART

1. Memulai WordArt melalui Toolbars
Apabila anda ingin membuat bentuk dan warna huruf yang indah, seperti dibawah ini, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

• Klik icon WordArt (huruf A) yang berada di bawah layar. Maka kotak dialog akan tampil (lihat pada hal.46 Gambar 1)
• Pilihlah bentuk yang anda inginkan dengan cara mengkliknya
• Klik OK

• Setelah itu akan tampil kotak dialog Edit WordArt text.
• Ketiklah tulisan anda di kotak Text
• Klik OK

2. Membuat Obyek WordArt melalui Toolbars
Melalui toolbar ini dapat mengubah atau menambahkan berbagai efek pada WordArt.

No.1 (WordArt) : untuk membuat WordArt
No.2 (Edit Text) : Untuk merubah atau mengganti teks yang telah
ditulis
No.3 (WordArt Gallery) : untuk mengganti style atau bentuk WordArt yang
diinginkan

No.6 (memutar bentuk) : posisi WordArt dapat diputar sesuai yang diinginkan

2. Membuat Obyek ClipArt

Untuk menampilkan fasilitas gambar yang telah disediakan oleh Windows, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
• Pilih menu Insert, lalu pilih Picture dan klik Clip Art, maka kotak dialog Clip Art akan ditampilkan. (lihat gambar pada hal.50)

• Klik Insert Clips untuk menyisipkan gambar yang anda inginkan

• Kemudian untuk keluar dari menu ClipArt, cukup klik tanda silang ( X ) yang berada dikanan atas menu ClipArt

RUMUS MENGETIK ARABIC

Shift Latin Arabic
H ا
F ب
J ت
E ث
[ ج
P ح
O خ
] د
` ذ
V ر
. ز
S س
A ش
W ص
Q ض
‘ ط
/ ظ
U ع
Y غ

T ف
R ق
; ك
G ل
L م
K ن
, و
I ه

Iklan