Wawasan kebangsaan Indonesia

Wawasan kebangsaan pada hakekatnya adalah hasrat yang sangat kuat untuk bersama mengatasi perbedaan dan diskriminasi. wawasan kebangsaan di Indonesia dimulai sejak timbulnya kesadaran kebangsaan yakni pada saat berdirinya Boedi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Gerakan kebangsaan ini berkembang dengan cepat dan meluas hingga menghasilkan sumpah pemuda pada tahun 1952 dan akhirnya sampai pada puncaknya yitu proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

wawasan diartikan sebagai cara memandang, meninjau, melihat atau cara tanggap secara inderawi. Dalam pengertian yang luas, wawasan adalah cara pandang yang lahir dari keseluruhan kepribadian terhadap lingkungan sekitarnya dan bersumber pada falsafah hidup suatu bangsa serta bersifat subjektif.

bangsa merupakan persatuan karakter atau perangai yang timbul karena persamaan, nasib dan kesatuan tekad dari rakyat untuk hidup bersama, mencapai cita cita dan tujuan bersama terlepas dari segala perbedaan baik agama, ras, etnis maupun golongan.

Kesadaran kebangsaan merupakan hal yang menjadi perekat batin seluruh rakyat Indonesia dimana konsep kebangsaan itu sendiri menjadi konsep yang mendasar bagi bangsa Indonesia. Dalam kenyataannya, konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus dalam Pancasila sebagaimana halnya dalam Pembukaan UUD 1945.

wawasan kebangsaan Indonesia adalah wawasan yang memiliki landasan moral dan etik. ia tak hanya menempatkan bangsa diatas bangsa namun menghargai harkat dan martabat kemanusiaan serta hak dan kewajiban setiap manusia. Sebagai bangsa yang mejemuk tetapi satu dan utuh, wawasan kebangsaan Indonesia jelas bersendikan pada persatuan dan kesatuan bangsa.

About these ads